Anatomi Paruh Tyto alba

21 April 2008

 

Semua Burung Hantu memiliki paruh yang pendek, melengkung, mengarah kebawah, dan ujungnya berkait. Paruh ini didesain secara khusus untuk mencengkeram dan merobek mangsa. Kekuatan penghancur paruh biasanya digunakan untuk membunuh mangsa.
Bagian tepi atas paruh bawah dan tepi bawah paruh atas saling terkatup membentuk tepi yang tajam, dan overlap membentuk seperti gunting. Ini memungkinkan untuk memotong jaringan dari mangsanya.
Paruhnya melengkung kebawah untuk menjaga supaya bidang pandang tetap jelas. Lubang hidung (nostril) ada di bagian dasar depan paruh, suatu daerah yang disebut dengan cere. Kebanyakan Burung Hantu memiliki kemampuan membau yang buruk.

Ujung paruh yang nampak, memiliki permukaan yang keras dan bertanduk. Bagian paruh bawah memiliki sendi berupa jaringan lentur yang tipis, yang memungkinkan untuk sedikit dimoncongkan kedepan. Burung lain juga memiliki gaya seperti ini, yang berguna sebagai komunikasi visual.

Beberapa jenis memiliki kemampuan untuk mengurangi suhu tubuh saat panas, dengan cara “terengah-engah” dengan membuka sebagian paruhnya.

0 komentar: